Beranda | Artikel
Manfaat dan Khasiat Rambutan dan Semangka - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)
Rabu, 12 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

Konsultasi kesehatan herbal oleh: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

[sc:status-dialog-herbal-sinse-abu-muhammad-2013]

Ringkasan Dialog Kesehatan Herbal: Seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan

Manfaat Rambutan

Rambutan adalah tanaman yang berasal dari Indonesia dan Malaysia, maka dari itu rambutan ini jarang didapat di tempat-tempat lain, misal di Taiwan dan Tionghoa. Kemudian, rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini yang biasa digunakan adalah buah, biji, kulit buah, dan daunnya. Kulit rambutan rasanya pahit dan sifatnya dingin berkhasiat untuk menurunkan panas. Biji rambutan yang memiliki rasa sedikit pahit bermanfaat untuk menguatkan jantung dan menurunkan gula darah. Dan pada penelitian, rambutan banyak mengandung kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh di antaranya buahnya memiliki kandungan gula di mana per 100 gram daging buahnya mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serat, karbohidrat, protein, vitamin C, thiamin, niasin, riboflavin, juga banyak mineral kalium serta kalsium sehingga wajar bila buat rambutan baik untuk tulang dan gigi. Kemudian kulit buah rambutan juga mengandung tanin dan saponin.

Buah rambutan itu sendiri digunakan untuk meningkatkan stamina dan menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Akan tetapi rambutan ini tidak dianjurkan pemakaiannya dalam jangka waktu yang lama, di mana memakan terlalu banyak buah rambutan akan membuat peruh menjadi penuh.

Manfaat Semangka

Semangka yang memiliki nama Citrullus vulgaris ini, banyak orang menduga dia berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika, di mana semangka ini tumbuh liar di tepi jalan, padang belukar, kadang tumbuh di daratan pantai, atau di kebun pekarangan. Sebagai tanaman buah, semangka ini dapat ditemukan di dataran rendah sampai pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Semangka yang sering digunakan adalah buahnya dan kulit buah semangka terutama yang putih. Adapun bagian yang bisa digunakan adalah kulit yang putih, daging buah, serta bijinya, di mana kulit dan daging buahnya memiliki sifat yang dingin dan rasa yang manis, sementara bijinya memiliki sifat yang netral. Dan semangka ini sangat bagus untuk organ jantung, lambung, dan kantong kemih.

Simak berbagai manfaat rambutan dan manfaat semangka yang dijelaskan oleh Sinse Abu Muhammad, sekaligus sesi konsultasi kesehatan serta solusi pengobatan alaminya yang sangat bermanfaat, insya Allah.

Download Dialog Kesehatan Herbal: Sinse Abu Muhammad – Manfaat dan Khasiat Rambutan dan Semangka

Share yuk ke akun media sosialmu, Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15276-manfaat-dan-khasiat-rambutan-dan-semangka-dialog-kesehatan-herbal-sinse-abu-muhammad-faris-al-qiyanji/